7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Manfaat Kangkung

Siapa sih yang tidak senang mengonsumsi kangkung? Selain memiliki kandungan yang terdiri atas bermacam-macam nutrisi penting, kangkung pun termasuk sebagai salah satu jenis sayuran yang mengandung rendah kalori. Meskipun demikian, ada berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari kangkung yang memiliki protein, serat, karbohidrat, maupun vitamin dan mineral.

Saat ini, kangkung bisa secara mudah kita dapatkan melalui TaniHub, sebuah platform sayur dan buah no. 1 di Indonesia. Di TaniHub, ada beragam produk dari petani lokal yang bisa kita beli, salah satunya seperti kangkung yang memiliki 7 manfaat berikut ini.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Kangkung memiliki kandungan vitamin A yang kaya sehingga baik untuk membuat kesehatan mata kita tetap terjaga. Apalagi, vitamin A ini akan berperan efektif agar lapisan mata dan kornea kita tetap terlindungi dari risiko infeksi bakteri maupun virus. Di samping itu, vitamin A pun berperan efektif agar mencegah mata kita kering dengan produksi cairan.

  1. Memiliki kandungan antiradang

Karena memiliki kandungan antiradang, kangkung berperan efektif untuk mengatasi gejala-gejala peradangan. Nah, peradangan sendiri memang bisa terjadi ketika kita mengalami rasa nyeri maupun pembengkakan. Di samping itu, kangkung pun berperan efektif agar peradangan dari infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis dapat dicegah. Soalnya, bakteri-bakteri ini bisa menimbulkan penyakit seperti bintitan, keracunan makanan, maupun MRSA.

  1. Menekan risiko diabetes

Seorang ibu hamil yang mengonsumsi kangkung akan mencegah risiko diabetes pada dirinya dan sang bayi. Terlebih, kangkung pun bekerja secara efektif karena memiliki kandungan antioksidan. Nah, kandungan antioksidan tersebut akan berperan penting sehingga oksidasi yang bisa menimbulkan diabetes pada sel tubuh ibu hamil dan bayinya bisa dicegah.

  1. Mencegah kerusakan liver (hati)

Sudah sejak berabad-abad lamanya kang dikenal sebagai salah satu jenis obat yang ampuh untuk mencegah kerusakan pada liver. Apalagi, kangkung pun berperan penting karena dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan, luka, maupun peradangan. Di samping itu, kangkung pun memiliki produksi enzim yang akan melakukan detoksifikasi alias pembersihan liver dari racun dan zat sisa yang dapat menimbulkan terjadinya kerusakan.

  1. Mengurangi risiko dehidrasi

Kangkung memiliki beragam jenis mineral, kangkung bisa menjadi sayuran yang kita andalkan untuk menghindari tubuh kita dari dehidrasi. Soalnya, kangkung memiliki kandungan natrium serta kalium di dalamnya. Nah, kedua jenis mineral ini memiliki peran penting agar keseimbangan cairan maupun kadar elektrolit pada tubuh kita bisa tetap terjaga. Maka dari itu, saat kita mengonsumsi kangkung, maka kita bisa menekan risiko kehilangan banyak cairan yang pada akhirnya berdampak pada kemunculan dehidrasi.

  1. Mencegah anemia

Bukan hanya berperan untuk mencegah terjadinya dehidrasi dengan menjaga cairan maupun elektrolit, kangkung pun memiliki mineral yang akan membantu kita agar kita bisa mengatasi gejala penyebab anemia. Soalnya, kangkung memiliki kandungan fosfor dan besi yang ampuh untuk membuat produksi sel darah merah alias hemoglobin meningkat. Di samping itu, sel darah merah pun akan kita butuhkan sebagai pengangkut oksigen ke seluruh sel maupun organ tubuh kita.

  1. Membuat daya tahan tubuh meningkat

Ternyata, kangkung pun bisa kita andalkan untuk mengurangi risiko terkena penyakit kronis maupun membuat jenis penyakit kronis lainnya bisa kita cegah. Soalnya, kangkung akan membantu kita agar sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga berkat kandungan vitamin C yang akan meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kerusakan pada sel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *