Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Aset Digital

Generasi sekarang sudah sadar akan investasi. Baru-baru ini investasi yang booming adalah investasi aset digital. Munculnya aset digital bisa jadi sebuah alternatif pilihan untuk mengembangkan portofolio investasi kamu. 

 

Investasi aset digital mampu berikan keuntungan berlipat dalam waktu singkat. Jadi nggak usah heran jika sekarang aset digital lagi booming dan digemari sebagai pilihan instrumen investasi. Tapi, apa kamu tau untung dan ruginya berinvestasi aset digital? Nah kalau mau tau simak selanjutnya ya ;

 

Kelebihan dari Investasi Aset Digital

 

  1. Harga cepat naik

Harganya cepat naik. Kenaikan harga ini sanggup mengalahkan harga-harga di instrumen investasi konvensional. 

  1. Mudah Diperjualbelikannya

Investasi aset digital mudah diperjualbelikan kapanpun dan dimanapun selama kamu memiliki jaringan internet.

  1. Transparan

Aset digital lebih transparan informasinya daripada instrumen investasi lain. Karena aset digital pakai sistem blockchain, yaitu teknologi komputasi buat menciptakan blok-blok yang saling terhubung satu sama lain sehingga seluruh informasi baik itu transaksi maupun pelacakan aset bisa diketahui. Karena itu, informasi perkembangan harga dan volume perdagangannya bisa diketahui dengan mudah.

Kelemahan dari Investasi Aset Digital

 

  1. Banyak Negara yang masih Nggak Siap

Banyak negara-negara merasa nggak siap buat menghadapi pertumbuhan aset digital, kayak di Tiongkok, yang melarang adanya transaksi aset digital yang berbentuk apapun. Ini mengindikasikan bahwa regulator di berbagai macam negara belum siap buat mengatur dan juga mengawasi aset digital yang pertumbuhannya yang sangat cepat.

  1. Perlindungan Bagi Konsumen Belum Ada

Belum ada regulasi yang jelas, maka investor aset digital nggak bisa dilindungi secara maksimal.  Contohnya di Indonesia walau sudah diakui oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan tapi segala resiko bakal diserahkan sama konsumen, Bappebti cuma menjamin platform perdagangannya saja karena mengingat aset digital ini bukan dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau negara namun sekumpulan individu/privat.

  1. Dianggap Nggak Investasi Murni

 

Harganya yang fluktuatif banyak membuat pengamat investasi yang memberikan tanggapan bahwa aset digital bukanlah instrumen investasi murni tapi instrumen trad. Karena harganya yang fluktuatif jadi kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan jumlah yang sangat besar dalam waktu pendek, tapi juga bisa mengalami kerugian besar dalam waktu singkat yang artinya memiliki resikonya juga.

 

Ditulis oleh https://www.sudekat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *