Panduan Menggunakan Sabun Cuci Tangan yang Tepat, Jangan Hanya Sekadar Basah!

Dua tahun belakangan pastinya anda sering mendengar anjuran terkait cuci tangan pakai sabun. Hal ini karena virus corona yang menyebar di masyarakat dapat dengan mudah menular, dan tangan bisa menjadi salah satu media pengantarnya. Sayangnya, ternyata masih banyak orang yang tidak menggunakan sabun cuci tangan dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya pahami ulasan berikut.

Olaif Antibacterial Hand Soap | Sabun Cuci Tangan

Bahaya Tidak Mencuci Tangan dengan Benar

Meskipun sudah banyak anjuran yang diberikan oleh pemerintah maupun berbagai pihak lainnya yang berwenang, memang pada kenyataannya masih banyak orang yang mencuci tangan hanya sekadar basah. Itu berarti mereka tidak melakukan cuci tangan dengan benar, hanya yang penting tangah sudah terkena air.

Padahal ada bahaya yang mengintai di balik hal tersebut. Karena biasanya orang akan sering menyentuh bagian hidung dan mulut tanpa disadari. Sehingga kuman yang masih menempel pada tangan bisa berpindah ke bagian yang disentuh tadi. Alhasil masalah penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, penyakit diare, infeksi kulit dan mata, termasuk corona juga dapat terjadi.

Kapan Harus Mencuci Tangan ?

Melihat bahaya yang dapat ditimbulkan, sudah jelas bahwa menggunakan sabun cuci tangan sangat dianjurkan. Dimana terdapat beberapa waktu yang paling diutamakan untuk melakukan cuci tangan dengan sabun ini. Mulai dari sebelum makan, setelah menyiapkan makanan, sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sedang sakit, dan setelah menggunakan toilet.

Lebih lanjut, cuci tangan dengan sabun juga perlu dilakukan saat anda mengganti popok atau membersihkan si kecil. Intinya anda perlu mencuci tangan menggunakan air dan sabun apabila berurusan dengan sesuatu yang akan masuk ke dalam perut, dan setelah menyentuh barang yang kemungkinan besar menyimpan bakteri dan kuman.

Cara Mencuci Tangan dengan Benar

Selain memperhatikan kapan harus mencuci tangan, cara mencuci tangan dengan benar juga patut dipahami. Karena efektivitasnya baru bisa dirasakan apabila anda melakukannya secara tepat. Dimana mencuci tangan pakai sabun setidaknya harus dilakukan minimal selama 40 sampai 60 detik.

Pertama tama anda perlu membasahi tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir terlebih dahulu. Selanjutnya gunakan sabun cuci tangan secukupnya. Dan gosok bagian telapak pada tangan yang satu ke bagian telapak tangan lainnya. Kemudian gosok gosok bagian punggung tangan serta sela sela jari. Agar bagian sela jari dijamin bersih, anda bisa melakukannya dengan posisi saling bertautan.

Cek juga produk kebersihan lainnya disini

Berikutnya gosok punggung jari ke telapak tangan, dan genggam serta basuh ibu jari dengan posisi memutar. Gosok juga bagian ujung jari ke telapak tangan supaya bagian kuku pun terkena sabun. Lalu lanjutnya dengan menggosok tangan yang bersabun di bawah air mengalir sampai bersih. Terakhir keringkan tangan menggunakan tisu atau lap sekali pakai.

Bahkan sebelum terjadinya pandemi akibat virus corona, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebenarnya memang sangat dianjurkan. Karena kegiatan ini bisa menghindarkan anda dari berbagai kuman dan bakteri. Supaya efektif, tentunya anda perlu menggunakan sabun untuk cuci tangan yang berkualitas seperti yang ada di Olaif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *