Pengertian Etnosentrisme

Pengertian Etnosentrisme

Etnosentrisme adalah kecendurangan untuk menilai budaya lain dengan berdasarkan nilai sosial dan norma budaya mereka sendiri, dan menganggap bahwa kebudayaannya yang lebih baik, lebih prima, lebih top dan lebih segalanya.

Untuk pembahasan kali ini, kita akan melihat tentang etnosentrisme yang melibatkan pemahaman para ahli, simak ulasan lengkapnya di bawah ini untuk pemahaman dan pemahaman yang lebih baik.

Tentu Etnosentrisme ini memiliki dampak yang positif dan negatif, namun sebelum kita membahas tentang dampak Etnosentrisme ini penting untuk kita tahu apa sih Etnosentrisme menurut para ahli.

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pendapat tentang etnosentrisme menurut para ahli.

Menurut Joseph A DeVito

menurutnya etnosentrisme ini menghargai nilai-nilai budayanya sendiri, kepercayaan, dan perilakunya lebih baik, lebih logis, dan lebih tepat daripada budaya lain.


Menurut Alo Liliweri 

Konsep pusat etnis (etnosentrisme) adalah konsep yang melekat pada budaya atau kelompok etnis yang lebih unggul dari kelompok luar.


Menurut Harris

etnosentrisme adalah kecenderungan untuk merasa lebih baik tentang kelompoknya sendiri daripada kelompok lain yang dianggap kejam, tidak manusiawi, keji dan bahkan tidak berarti.


Jadi dapat disimpulkan bahwa etnosentrisme ini adalah sikap dan perilaku yang menganggap bahwa budaya dan kepribadian kelompoknya adalah yang terbaik dari budaya orang lain.

Dan tentu memiliki dampak yang baik dan juga dampak yang tidak baik dari adanya etnosentrisme ini. Jadi penting bagi kita untuk bisa menghargai budaya suku orang dan budaya kita sendiri, dengan menghargai budaya kita sendiri dan budaya orang lain, kita dapat menghindari efek negatif yang ditimbulkan oleh karena etnosentrisme, konsekuensi negatif dari etnosentrisme ini dapat berupa konflik antar suku, arus politik yang menghalangi proses asimilasi budaya, lain-lain dan banyak lagi.

Dengan menghargai budaya sendiri dan budaya orang lain, kita bisa hidup aman dan damai karena efek positif etnosentrisme adalah menjaga keutuhan budaya, cinta tanah air, dan memperkuat patriotisme.

Demikianlah apa yang dimaksud dengan etnosentrisme, semoga apa yang telah diuraikan dapat bermanfaat bagi Anda.

Baca lebih lengkap di : Pendidikanku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *